Tokoh Papua Desak Pecat Menteri yang Kirim Militer

0
25

JAKARTA, Tokoh Papua, Mervin Sadipun Komber mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat menteri yang memerintahkan pengiriman militer ke Papua, untuk meredam kerusuhan di sana. Menteri itu tak paham kondisi Papua, yang seharusnya melakukan pendekatan dialog dengan masyarakat adat.

“Kumpulkan tokoh-tokoh Papua dan Gubernur Papua, dengan gubernur Jawa Timur, Wakil Walikota Malang, dan Kapolresta Surabaya untuk berdialog. Bukan mengirim militer,” demikian Mervin, yang juga Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI di Kompleks DPD RI Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Sebab, penyelesaian konflik dengan masyarakat Papua tersebut tak bisa dengan pendekatan militer. Apalagi kasus seperti ini sudah berulang-ulang. Sehingga tak perlu pendekatan militer.

Selain itu, Mervin mendesak Kapolda Jawa Timur untuk melakukan investigasi atas video yang beredar dengan meneriakkan yel-yel untuk menyuruh mahasiswa Papua pulang ke Papua.

Hukum harus ditegakkan bagi provokator dan orang yang pertama kali yang menyebarkan video tersebut ke masyarakat Papua. “Hukum harus ditegakkan bagi siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Dialog tersebut menurut Mervin, bisa dilakukan di Jakarta, Jawa Timur, maupun di Papua dan Papua Barat sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here