NasDem Optimis Jokowi Menang dan NasDem Lolos Senayan

0
4

JAKARTA, Politik tanpa mahar, adalah tagline NasDem sejak 2016, yang menyatakan dengan tegas bahwa para kader NasDem bebas dari biaya politik uang (money politics) dan hanya menyukseskan figur yang berprestasi.

Selain itu, NasDem juga tetap konsisten mengusung ide ‘Restorasi Indonesia’. Partai ini telah menyukseskan delapan kadernya sebagai gubernur yang tersebar di seluruh Indonesia. Juga, ada sekitar 195 kader NasDem yang menjadi kepala daerah di tingkat kabupaten/kota.

Saat ini NasDem menduduki 36 kursi DPR dari 575 kursi yang ada di DPR. Sejumlah anggotanya telah menorehkan prestasi dengan kontribusinya yang besar kepada masyarakat sesuai janji mereka.

Di antaranya adalah, Jhonny G. Plate, Irma Suryani, Prananda Surya Paloh, Ahmad H.M Ali, Ahmad Sahroni, dan lain-lain. Dari 36 Anggota DPR RI, ada 24 incumbent yang masih mencalonkan diri di periode2019 – 2024.

Namun, hal itu tidak pernah membuat NasDem berpuas diri. Nasdem memproyeksikan akan meraih suara tiga besar saat pemilu, 100 suara di tingkat DPR dan memenangkan pasangan Jokowi-Amin pada pilpres 2019.

Beberapa minggu terakhir, rilis survei beberapa lembaga menunjukkan NasDem mengalami peningkatan elektabilitas. Di rilis Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, NasDem menempati urutan kelima dengan tingkat keterpilihan 4.3%.

Survei tersebut dilakukan pada 18-25 Januari 2019 di 34 provinsi di Indonesia sebanyak 1.200 responden. Sedangkan lembaga Survei Indikator merilis NasDem mendapatkan elektabilitas 5.7% dengan 1.220 responden.

Survey Charta Politika baru saja merilis survei yang dilakukan pada tanggal 5 sampai 10 April 2019. Di survei tersebut, NasDem bahkan meraih tingkat elektabilitas sampai 6.8% dengan 2000 responden.

Selama tiga minggu terakhir, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh melakukan kampanye nasional NasDem di seluruh Indonesia sebelum memasuki masa tenang kampanye. Kampanye NasDem dimulai dari menjelajah beberapa daerah di Sulawesi.

Gorontalo adalah kota pertama yang dikunjungi pada hari Minggu 24 Maret. Kunjungan ini juga sekaligus pengukuhan anggota Komisi Saksi Nasdem. Selain Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, beliau juga ditemani oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, Ketua Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh dan Ketua DPP NasDem, Willy Aditya. Hadir pula Rachmat Gobel, mantan Menteri Perdagangan, yang juga maju di pemilihan legislatif 2019 sebagai kader nasDem.

“Saya berjanji dengan kemenangan ini dan NasDem, saya akan membawa Gorontalo dalam lima besar provinsi terkaya di Indonesia di lima tahun ke depan,” tegas Gobel dalam keterangannya, Senin (15/4/2019).

Setelah dari Gorontalo, safari NasDem berlanjut ke Mamuju dan Surya Paloh menegaskan bahwa semua kader NasDem menggunakan hak politiknya dalam pemilu nanti. Kemenangan Jokowi akan melanjutkan pembangunan daerah yang saat ini masih terus dijalankan oleh pemerintah.

Hampir di seluruh wilayah kampanye nasional NasDem, Surya Paloh terus mengulang-ulang komitmen NasDem untuk memenangkan Jokowi dan menembus posisi tiga besar. Kampanye berlanjut ke Luwuk Banggai, Manado dan Kendari. Prananda Surya Paloh juga memberikan orasinya selama kampanye berlangsung.

“Begitu banyaknya fitnah yang menyerang Jokowi. Untuk itu, saya sangat butuh pemuda di sini untuk memenangkan Jokowi dan Partai NasDem,” kata Prananda Paloh, Ketua Garda Pemuda NasDem.

Di Kendari, kampanye tertutup hanya untuk kader dan simpatisan partai NasDem. Surya Paloh menargetkan kemenangan Jokowi-Amin sebanyak 60% di daerah Kendari. Setelah dari Kendari, safari kampanye Partai NasDem di Sulawesi berakhir di Makassar sekaligus bergabung dengan kampanye akbar Jokowi-Amin pada hari Sabtu, 31 Maret 2019.

Di kampanye akbar ini, NasDem mengerahkan serratus ribu kader yang diwajibkan menggunakan baju putih dan bendera biru sebagai identitas partai.

Di Medan, Surya Paloh mengingatkan kepada kadernya untuk menghentikan segala bentuk provokasi dan perpecahan, warga Tionghoa bisa bergandengan tangan dengan segala suku di Sumut.

Pada Sabtu (6/4) lalu, NasDem bertolak ke Probolinggo. Turut hadir pula Ketua Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, dan beberapa fungsionasir DPP NasDem. Selain kampanye, juga ada pelantikan pengurus DPD Partai NasDem di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here