SBY Puji Presiden Jokowi Tangani Gempa Palu

0
143

JAKARTA, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji langkah cepat Presiden Jokowi dalam merespons gempa bermagnitudo 7,4 di Sulawesi Tengah.

Menurut SBY, langkah Jokowi yang langsung mengunjungi lokasi gempa sudah tepat. “Meski tidak sebesar dan sedahsyat gempa bumi di Aceh dan Nias (2004) dulu, kali ini gempa bumi dan tsunami di Sulteng juga besar. Korbannya kita saksikan besar,” tegas SBY dalam video yang diunggah ke akun youtube-nya, Minggu (30/9/2018).

Karena itu, tindakan cepat Presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana sangat tepat. ‘Langkah Jokowi yang cepat mengunjungi lokasi gempa sangat memengaruhi kebijakan yang akan diambil pemerintah untuk penanganan bencana,” ujarnya.

Dengan datang langsung ke daerah bencana kata SBY, Jokowi akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan dan kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat tapi juga efektif. “Kedatangan Presiden agar penanganan berjalan cepat,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meninjau lokasi gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) kemarin. Presiden tiba pukul 13.00 WITA.

Sementara Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, setibanya di Palu, Presiden menerima laporan dari kementerian terkait, termasuk Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah.

Sehari sebelumnya, Sabtu (29/9/2018), Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berada di Palu.

“Presiden pimpin rapat terbatas diikuti jajaran menteri, termasuk Menteri PUPR dan BNPB. Presiden meminta penanganan pertama adalah evakuasi evakuasi korban,” kata Johan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here